Agama Katolik Makin Merosot?

Refleksi Iman bersama Romo G. Notobudyo, Pr.  

Dalam buku agama-agama dunia, tulisan Michael Keene (hal. 188-dst) disebutkan bahwa dalam dasa warsa terakhir ini di seluruh dunia perbandingan orang Kristen yang berpindah ke Islam dengan orang Islam yang berpindah ke Kristen adalah tiga banding satu. Di Amerika Serikat sekarang ini agama yang terbesar adalah agama Kristen, ada 40 persen, yang 25 persen adalah Katolik. Tetapi sebentar lagi agama Islam, dengan perkembangannya yang begitu pesat, akan menjadi agama terbesar kedua di Amerika.

Kecenderungan di seluruh dunia, agama Islam semakin maju pesat. Mengapa? Karena kebanyakan orang Islam mematuhi sembahyang lima waktu setiap hari, sedangkan keluarga-keluarga katolik semakin banyak yang tidak berdoa.  Keuskupan Agung Semarang (KAS) sudah lama berusaha menghidupkan gerakan doa ini dengan membentuk persaudaraan antar kelompok doa yang disingkat JARINGAN KODOK.

Jaringan ini antara lain terdiri dari kelompok Legio Maria, Worosemedi, KTM, Kerahiman Ilahi, juga kelompok doa yang lain yang lebih kecil seperti paguyuban doa lansia, kelompok doa Candi (Ganjuran), SSV, Papanca (Brayat Minulyo Pugeran) dan lain-lain. (Persekutuan doa Karismatik tidak menggabung dalam Jaringan Kodok ini, barangkali merasa sudah besar, di Jogja lebih dari 10 PD dan sudah berdoa bersama setiap minggu).

Salah satu usaha bersama Jaringan Kodok di Jogja ini adalah mengadakan adorasi Sakramen Mahakudus tiap Jum’at Pertama. Hal ini akan dijadikan tradisi di setiap paroki setiap Jum’at pertama, maksudnya supaya umat katolik kembali merasa ingin dekat dengan Tuhan Yesus yang bertaktha di dalam Sakramen Mahakudus.  

Di Singapura, setiap paroki mempunyai Kapel Adorasi, yang terbuka 24 jam sehari sepanjang tahun. Di Jakarta juga sudah banyak paroki yang mempunyai kapel Adorasi, di Medan bahkan monstrannya untuk adorasi abadi bisa setinggi hampir 2 meter.  

Semua itu tujuannya sekali lagi agar umat kembali senang berdoa, semakin dekat dengan Tuhan Yesus. Dengan mengalami kehadiran Tuhan Yesus dalam Sakramen Mahakudus tidak sedikit orang yang mengalami mukjizat disembuhkan dari segala sakit fisik maupun batin, juga dengan pengusiran setan. Semoga. Berkah Dalem.   

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: