Surat Gembala Uskup Agung Semarang Tahun 2008

“MELIBATKAN ANAK DAN REMAJA UNTUK PENGEMBANCAN UMAT”

Para Ibu/Bapak. saudari/saudara, serta anak dan remaja yang terkasih,

1. Bersama seluruh Gereja, pada tgl. 6 Januari 2008 kita merayakan Hari Raya Penampakan Tuhan dan Hari Anak Misioner Sedunia. Menurut kisah Injil yang diwartakan hari ini para majus bersukacita karena dituntun sampai kepada Yesus, boleh berjumpa dengan-Nya, serta menyampaikan persembahan kepada-Nya. Bersama para majus. kita ingin bersukacita karena boleh datang kepada Yesus, menjadi sahabat-Nya, serta ikut serta dalam perutusan-Nya yaitu mewartakan Kerajaan Allah yang memerdekakan. dengan membangun habitus baru melalui keluarga sebagai basis hidup beriman.

2. Anak dan remaja pun dipanggil untuk datang kepada Yesus (bdk. Mrk 10:14). Mereka diundang untuk merasakan sukacita berjumpa dan mengenal Yesus, menjadi sahabat-sahabat-Nya yang terlibat dalam tugas perutusan-Nya. Untuk mengantar anak dan remaja kepada Yesus dan terlibat pada perutusan-Nya, Keuskupan Agung Semarang menetapkan Tahun 2008 sebagai Tahun Anak Dan Remaja. dengan tema: “Melibatkan Anak Dan Remaja Untuk Pengembangan Umat”

Para Ibu/Bapak, saudari/saudara, serta anak dan remaja yang terkasih.

3. Masa anak dan remaja adalah masa yang penuh kegembiraan. Anak dan remaja sedang dalam proses menemukan identitas diri mereka. Mereka sedang belajar untuk mengembangkan diri dan memilih nilai-nilai yang bermakna dan berguna bagi hidup mereka. Namun, kemajuan zaman menghadapkan anak dan remaja pada berbagai tantangan hidup yang tidak semakin kompleks. Berkembangnya berbagai arus zaman menjadikan anak dan remaja tidak mudah memilih nilai yang bermakna dan berguna bagi hidup mereka. Kita pantas bersyukur, bahwa banyak anak dan remaja yang sungguh serius mengembangkan diri. Namun. kita pun prihatin bahwa tidak sedikit pula anak dan remaja menjadi korban penyalahgunaan narkoba, menjadi korban kekerasan dan berbagai penyelewengan yang lain. Tidak sedikit pula yang menjadi anak terlantar. Mereka ini pantas kita beri perhatian.

4. Anak dan remaja juga sedang berkembang dalam hal iman. Anak dan remaja dapat mengembangkan iman mereka dengan mengikuti aneka macam kegiatan bina iman; dengan membaca buku-buku rohani, dengan berdoa dan ikut serta dalam ibadah bersama umat lingkungan, wilayah atau paroki; dengan belajar menyesuaikan diri dengan tuntutan hidup Yesus, dan dengan terlibat dalam kegiatan-kegiatan umat. Dengan terlibat dalam kehidupan umat, anak dan remaja sejak dini dipupuk semangatnya untuk ikut bertanggungjawab dalam hidup umat.
Pembinaan seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan keyakinan, bahwa hidup adalah anugerah, panggilan dan perutusan. Ditumbuhkan pula semangat untuk mengabdikan diri bagi perutusan Gereja: baik sebagai awam yang dengan cerdas, tekun dan setia menjadi garam dan ragi di tengah masyarakat, maupun dengan terbuka menanggapi panggilan khusus menjadi imam, bruder atau suster. Oleh karena itu, sangat didorong agar anak dan remaja diberi peran dalam kegiatan umat, misalnya dalam ibadah dengan memberikan kepada mereka tugas untuk koor, lektor, pembawa persembahan dan tugas-tugas lainnya. Anak dan remaja pun perlu didorong untuk mengembangkan semangat solider dengan mereka yang berkekurangan, sebagai semangat dasar yang melandasi keterlibatan mereka selanjutnya dalam masyarakat.

5. Melibatkan anak dan remaja untuk pengembangan umat adalah tugas kita bersama: orang tua, para pendamping, para pengurus lingkungan, wilayah, dan paroki, dan terutama anak dan remaja sendiri. Untuk membantu mewujudkan cita-cita itu, Dewan Karya Pastoral Keuskupan Agung Semarang menerbitkan Nota Pastoral dengan judul: “Melibatkan Anak dan Remaja untuk Pengembangan Umat”. Nota Pastoral ini dimaksudkan sebagai bahan refleksi dan pembicaraan bersama, serta inspirasi bagi pembuatan program-program bagi pembinaan iman anak dan remaja. Berpangkal pada pembicaraan atas Nota Pastoral ini diharapkan muncul upaya-upaya kreatif dalam melibatkan anak dan remaja untuk pengembangan umat. Selain itu saya juga menulis surat khusus untuk anak-anak dan remaja, yang dapat diminta kepada Rama Paroki.

Para IbulBapak, saudari/saudara, serta anak dan remaja yang terkasih,

6. Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan syukur dan terima kasih atas banyaknya keluarga yang mendorong anak-anak mereka untuk terlibat dalam kehidupan menggereja; atas pengurus lingkungan, wilayah dan paroki yang memberikan tempat bagi kegiatan anak dan remaja; atas banyaknya penggerak dan pendamping anak dan remaja, yang dengan penuh dedikasi dan kreativitas mengabdikan diri bagi pembinaan iman anak dan remaja; dan khususnya pada anak dan remaja yang sudah terlibat dalam kegiatan-kegiatan pembinaan iman anak dan remaja. Semuanya itu menumbuhkan pengharapan bagi pengembangan umat di Keuskupan Agung Semarang. Upaya melibatkan anak dan remaja untuk pengembangan umat pantas kita satukan dengan upaya kita semua untuk semakin mewujudkan diri menjadi umat yang membangun hidup bersumber pada Ekaristi. Dalam rangka itu Keuskupan Agung Semarang akan menyelenggarakan Kongres Ekaristi Keuskupan Pertama pada tanggal 27-29 Juni 2008, dengan tema: “Ekaristi, Berbagi Lima Roti dan Dua Ikan”. Semoga dengan demikian anak dan remaja di Keuskupan ini menjadi awal tumbuhnya semangat pada seluruh umat untuk mengadakan gerakan berbagi.

7. Akhirnya. meskipun sudah terlambat. saya ucapkan Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Marilah kita saling mendoakan, agar di tengah-tengah tantangan hidup yang semakin kompleks ini, kita selalu diteguhkan oleh iman, harapan dan kasih. Semoga Tuhan melimpahkan berkat, perlindungan dan damai sejahtera kepada seluruh keluarga dan komunitas kita.

Semarang, 6 Januari 2008

Ignatius Suharyo
Uskup Keuskupan Agung Semarang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: